Merek gadget Ninetology asal Malaysia secara resmi masuk ke pasar Indonesia dengan
menggandeng artis Agnes Monica sebagai brand ambassador yang ternyata juga terlibat
dalam jajaran pemegang sahamnya.
Sebenarnya Ninetology sudah memasukkan 5 seri smartphone/tablet mereka ke tanah
air tahun lalu namun baru Jumat lalu (25/Okt) mereka mengumumkan keseriusannya
bersamaan dengan perkenalan seri U9 berbasis Android Jelly Bean yang terdiri dari 3
model: P1, Q1, dan X1. Untuk saat ini Ninetology masih fokus ke bidang strategic-partner
yakni memperkuat rekan distribusi termasuk menunjuk Ninetology Indonesia (NI)
sebagai perwakilan.
Seri P1 dan Q1 tampak sebagai smartphone entry/mid-end dengan mengandalkan
prosesor dual-core MediaTek MT6572 1,3GHz. CPU MediaTek generasi 2 ini disandingkan
dengan RAM 512MB dan chip grafis Mali-400MP yang mengindikasikan kinerjanya tidak
terlalu istimewa. Toh begitu desain kedua model memang menarik, termasuk harga jual
yang terjangkau dimana P1 berlayar 4" (480x800 pixel) seharga Rp 999.000 dan Q1
berlayar 4,5" (480x854 pixel) mencapai Rp 1.399.000.
Model X1 tampil lebih greget dengan kombinasi desain aerodinamis, futuristik, dan
juga ergonomis. Smartphone berlayar IPS Super AMOLED 4,8" ini (720x1280 pixel)
didukung CPU quad-core Mediatek MT6589 1,2GHz, RAM 1GB, plus grafis PowerVR
SGX544. Handset dengan baterai 2200mAh ini juga menghadirkan kamera 13MP yang
memanfaatkan sensor BSI generasi ke-2. Gadget seharga Rp 3.399.000 ini menyasar
segmen premium sehingga boksnya pun tampil eksklusif diantara lainnya.
Untuk lebih memperkuat brand, Ninetology menunjuk super star Agnes Monica untuk
mewakili produknya ke pasar Indonesia. Rupanya, artis dengan follower terbesar di
Indonesia ini merupakan pemegang saham mayoritas di NI sehingga Ninetology akan
memanfaatkan penuh popularitas Agnes. "Pengguna ponsel di Indonesia sangat
banyak dan potensial sehingga saya tertarik terjun ke bisnis ini apalagi kami punya visi
yang sama dan komitmen untuk terus mengembangkan teknologinya," jelas Agnes.
Semua handset Ninetology secara eksklusif akan memiliki “Agnez Mo Apps”, yang
menyediakan informasi terbaru mengenai Agnes Monica dan juga selebritis lainnya
(lokal dan mancanegara). Aplikasi ini menghadirkan interaksi yang dikumpulkan dari
berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, video musik, dan merchandise
online store.
Belakangan ini sudah sangat banyak pemain gadget non-branded besar yang datang
dari Oppo, Advan, Evercoss, Mito, dan sebagainya namun CEO Ninetology ASEAN,
Sean Ng, optimis produknya bisa menonjol di Indonesia dengan konsep produknya
yang menyesuaikan selera konsumen. Ia pun berani mematok pendapatan US$200
juta (sekitar Rp 2 trilyun lebih) di Indonesia. Ninetology juga berencana melakukan
ekspansi ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Vietnam, dan Singapura.
